Kata Menteri PMK, Persiapan PON Aceh-Sumut Sudah di Jalur Tepat

  • Bagikan

DONYASPORT, Jakarta — Jadwal penyelenggaraan PON Aceh dan Sumut tinggal tersisa 117 hari. Persiapan ajang ini telah menunjukkan kemajuan yang signifikan.

PON ke-21 ini akan digelar pada 8-20 September 2024. Nantinya ajang ini akan diadakan di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

Di Aceh, sebanyak 33 cabang olahraga akan dipertandingkan dengan 42 disiplin dan 510 nomor pertandingan. Diperkirakan akan ada 5.366 atlet dan 2.752 official yang turut serta.

Sementara itu, Sumut akan mempertandingkan 35 cabang olahraga dengan 46 disiplin dan 528 nomor pertandingan. Juga akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 official.

Menko PMK Muhadjir Effendi menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur utama dan pendukung di kedua daerah tersebut berjalan lancar dan sesuai target. “Kami memastikan bahwa semua fasilitas akan siap digunakan ketika PON berlangsung,” ujar Muhadjir di kantor Kemenko PMK, Selasa (14/5/2024).

Terkait kebutuhan anggaran, Muhadjir menjelaskan bahwa akomodasi atlet akan dibagi pembiayaannya. 50 persen ditanggung oleh pemerintah daerah penyelenggara (Aceh dan Sumut) dan 50 persen ditanggung oleh daerah yang mengirim atlet.

“Penambahan anggaran untuk akomodasi ini sudah termasuk dalam biaya yang dialokasikan untuk penyelenggara,” ucapnya.¬†Selain itu, anggaran tambahan juga akan dialokasikan untuk peralatan pertandingan serta upacara pembukaan dan penutupan.

“Penambahan anggaran ini akan dialokasikan melalui belanja tambahan di APBN yang diusulkan oleh Menpora dan akan diproses melalui Kementerian Keuangan,” ujar Muhadjir.

Menpora Dito Ario Tedjo menambahkan bahwa PON ini merupakan kebanggaan bagi provinsi tuan rumah. “Para peraih medali biasanya mendapatkan reward dari kepala daerah masing-masing, tetapi kami juga menjadikan PON ini sebagai ajang pencari bakat,” ujarnya.

“Kami dari Kemenpora, bersama seluruh federasi olahraga, akan memberikan reward tambahan kepada para atlet berprestasi yang potensial untuk dikembangkan ke tingkat internasional,” kata Menpora Dito.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan PON 2024 di Aceh dan Sumut akan berlangsung sukses. Selain itu juga menghasilkan atlet-atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. [rri]

  • Bagikan